Sporsor Dalam Olah Raga
May 09, 2019
Sporsor Dalam Olah Raga - Banyak perusahaan merek olahraga memilih sponsor olahraga karena ini adalah salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan publisitas dan paparan dalam jumlah yang tepat. Sponsor olahraga telah menjadi lebih dari sekadar kolaborasi antara perusahaan bisnis dan liga olahraga. Sebagai imbalan atas uang, perusahaan merek olahraga dapat memiliki nama merek mereka ditampilkan secara jelas dalam acara olahraga atau di belakang seragam atlet.
Efektivitas kesepakatan sponsor olahraga umumnya dipengaruhi oleh banyak faktor. Terkadang sejumlah besar uang yang dihabiskan tidak dapat menjamin kesuksesan. Dengan mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang dapat meningkatkan peluang peningkatan citra produk, seorang investor dapat berhasil merencanakan strategi pemasaran mereka melalui program sponsor olahraga.
Banyak perusahaan merek olahraga saat ini menemukan sponsor olahraga sebagai salah satu cara terbaik untuk memasarkan nama merek mereka. Mereka dapat menjangkau pelanggan potensial dan pelanggan setia mereka dengan lebih baik dengan mensponsori acara olahraga utama atau atlet dalam permainan. Arena olahraga Asia juga menjadi fokus banyak merek olahraga internasional. Ini karena ada begitu banyak potensi dan kemungkinan yang belum dijelajahi di pasar Asia. Sponsor olahraga menguntungkan perusahaan merek olahraga dan acara atau atlet yang mereka sponsori. Tentu saja, keberhasilan sponsor olahraga bergantung pada banyak faktor.
Orang Asia, secara umum, menyukai atlet atau tim pemenang seperti halnya seluruh dunia. Atlet lokal yang telah memenangkan gelar olahraga internasional seperti squash darling Malaysia, Dato 'Nicol Ann David, sering diperlakukan sebagai pahlawan. Oleh karena itu, masuk akal bahwa sponsor mungkin akan lebih berhasil jika atlet atau tim yang mereka sponsori menang. Ini karena persepsi publik. Merek yang dikaitkan dengan atlet yang menang sering dianggap sebagai merek yang baik, dan sebaliknya. Merek yang dimaksud mungkin adalah merek yang moderat dalam kenyataan tetapi menghubungkannya dengan seorang juara pasti akan membuat merek tersebut berbeda.
Hal lain yang dapat dijamin sponsor olahraga adalah visibilitas dan pengakuan. Ketika Yonex menjadi salah satu sponsor utama di Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Thomas, mereka segera mendapatkan nama merek mereka yang disebutkan di hampir setiap pertandingan. Logo mereka dapat ditemukan di setiap spanduk tunggal dan mereka mendapatkan pengakuan internasional yang berlangsung bertahun-tahun. Piala Thomas hanya dapat berlangsung selama beberapa minggu tetapi kesan Yonex di mata publik melampaui itu. Ini adalah kesan abadi yang ditemukan oleh banyak perusahaan merek olahraga tak ternilai. Sudah pasti layak untuk menghabiskan uang mereka.
Program sponsor olahraga juga biasanya menargetkan demografi tertentu, sesuai dengan produk atau nama merek yang ingin mereka paparkan kepada publik. Inilah sebabnya mengapa banyak investor percaya bahwa acara yang mereka sponsori juga harus memenuhi ceruk target mereka sendiri. Misalnya, jika Nike mempromosikan produk yang memenuhi demografi yang lebih muda, mungkin bukan ide yang baik bagi mereka untuk mensponsori atlet yang lebih tua yang tidak bisa dikaitkan dengan pasar target mereka. Sebagai gantinya, mereka mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan mensponsori seorang atlet yang termasuk dalam kelompok usia dari ceruk target mereka. Kelompok sasaran yang berbeda perlu dijangkau dengan cara yang berbeda. Kalau tidak, inti dari sponsor olahraga akan diperdebatkan.
Secara umum, sponsor olahraga bertujuan menciptakan pemaparan yang optimal dari perusahaan merek olahraga dan mengirimkan pesan mereka kepada pelanggan potensial secara efektif. Pendekatan yang tepat diperlukan untuk memastikan bahwa setiap sen yang mereka habiskan untuk sponsor akan mendatangkan lebih dari cukup pendapatan daripada sekadar untuk mencapai titik impas. Dengan mengetahui target pasar dan pahlawan olahraga mereka, perusahaan merek olahraga dapat mencapai lebih dari sekadar ketenaran dan pengakuan. Mereka juga dapat mempertahankan reputasi mereka sebagai merek olahraga pemenang yang sering dikaitkan dengan acara olahraga bergengsi. Itu sendiri tidak ternilai harganya.
Efektivitas kesepakatan sponsor olahraga umumnya dipengaruhi oleh banyak faktor. Terkadang sejumlah besar uang yang dihabiskan tidak dapat menjamin kesuksesan. Dengan mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang dapat meningkatkan peluang peningkatan citra produk, seorang investor dapat berhasil merencanakan strategi pemasaran mereka melalui program sponsor olahraga.
Banyak perusahaan merek olahraga saat ini menemukan sponsor olahraga sebagai salah satu cara terbaik untuk memasarkan nama merek mereka. Mereka dapat menjangkau pelanggan potensial dan pelanggan setia mereka dengan lebih baik dengan mensponsori acara olahraga utama atau atlet dalam permainan. Arena olahraga Asia juga menjadi fokus banyak merek olahraga internasional. Ini karena ada begitu banyak potensi dan kemungkinan yang belum dijelajahi di pasar Asia. Sponsor olahraga menguntungkan perusahaan merek olahraga dan acara atau atlet yang mereka sponsori. Tentu saja, keberhasilan sponsor olahraga bergantung pada banyak faktor.
Orang Asia, secara umum, menyukai atlet atau tim pemenang seperti halnya seluruh dunia. Atlet lokal yang telah memenangkan gelar olahraga internasional seperti squash darling Malaysia, Dato 'Nicol Ann David, sering diperlakukan sebagai pahlawan. Oleh karena itu, masuk akal bahwa sponsor mungkin akan lebih berhasil jika atlet atau tim yang mereka sponsori menang. Ini karena persepsi publik. Merek yang dikaitkan dengan atlet yang menang sering dianggap sebagai merek yang baik, dan sebaliknya. Merek yang dimaksud mungkin adalah merek yang moderat dalam kenyataan tetapi menghubungkannya dengan seorang juara pasti akan membuat merek tersebut berbeda.
Hal lain yang dapat dijamin sponsor olahraga adalah visibilitas dan pengakuan. Ketika Yonex menjadi salah satu sponsor utama di Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Thomas, mereka segera mendapatkan nama merek mereka yang disebutkan di hampir setiap pertandingan. Logo mereka dapat ditemukan di setiap spanduk tunggal dan mereka mendapatkan pengakuan internasional yang berlangsung bertahun-tahun. Piala Thomas hanya dapat berlangsung selama beberapa minggu tetapi kesan Yonex di mata publik melampaui itu. Ini adalah kesan abadi yang ditemukan oleh banyak perusahaan merek olahraga tak ternilai. Sudah pasti layak untuk menghabiskan uang mereka.
Program sponsor olahraga juga biasanya menargetkan demografi tertentu, sesuai dengan produk atau nama merek yang ingin mereka paparkan kepada publik. Inilah sebabnya mengapa banyak investor percaya bahwa acara yang mereka sponsori juga harus memenuhi ceruk target mereka sendiri. Misalnya, jika Nike mempromosikan produk yang memenuhi demografi yang lebih muda, mungkin bukan ide yang baik bagi mereka untuk mensponsori atlet yang lebih tua yang tidak bisa dikaitkan dengan pasar target mereka. Sebagai gantinya, mereka mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan mensponsori seorang atlet yang termasuk dalam kelompok usia dari ceruk target mereka. Kelompok sasaran yang berbeda perlu dijangkau dengan cara yang berbeda. Kalau tidak, inti dari sponsor olahraga akan diperdebatkan.
Secara umum, sponsor olahraga bertujuan menciptakan pemaparan yang optimal dari perusahaan merek olahraga dan mengirimkan pesan mereka kepada pelanggan potensial secara efektif. Pendekatan yang tepat diperlukan untuk memastikan bahwa setiap sen yang mereka habiskan untuk sponsor akan mendatangkan lebih dari cukup pendapatan daripada sekadar untuk mencapai titik impas. Dengan mengetahui target pasar dan pahlawan olahraga mereka, perusahaan merek olahraga dapat mencapai lebih dari sekadar ketenaran dan pengakuan. Mereka juga dapat mempertahankan reputasi mereka sebagai merek olahraga pemenang yang sering dikaitkan dengan acara olahraga bergengsi. Itu sendiri tidak ternilai harganya.